Workshop Standar Pendidikan di POLINEMA

Workshop Standar Pendidikan di POLINEMA dalam rangka peningkatan kualitas sistem pembelajaran di kampus AKN Lumajang. Kegiatan yang dilakukan antara lain menyusun kurikulum, pendataan dosen dan mahasiswa, serta menyiapkan administrasi perkuliahan yang dikemas dalam Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Workshop Standar Pendidikan di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) menjadi wahana penting dalam menggali inovasi, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peran workshop tersebut dalam memajukan standar pendidikan di POLINEMA.

Mengenal Workshop Standar Pendidikan

Workshop Standar Pendidikan di POLINEMA merupakan forum interaktif yang melibatkan para akademisi, praktisi pendidikan, dan mahasiswa dalam diskusi, pelatihan, dan kolaborasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Workshop polinema ini bertujuan untuk:

  • Membahas tren terkini dalam pendidikan.
  • Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.
  • Mengimplementasikan standar pendidikan yang relevan.

Dalam upaya menyampaikan arah kebijakan dan strategi yang didukung oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dalam implementasi MBKM, POLINEMA mengadakan Workshop Inovatif “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” pada tanggal 13-14 Agustus 2021.

Dengan dukungan sumber daya yang meliputi dosen berkualitas, mahasiswa berbakat, fasilitas dan infrastruktur yang memadai, kerja sama yang solid, serta tata kelola yang efisien, POLINEMA dihadapkan pada tantangan besar dalam menjalankan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 5 Tahun 2020.

Tidak hanya itu, kebijakan terkini dari Kemendikbud Direktorat PTV mengenai keterkaitan antara dunia industri dan konsep Kampus Merdeka juga menjadi tantangan signifikan bagi POLINEMA dalam menyiapkan sumber daya dan infrastruktur yang diperlukan guna menjalankan program-program kementerian dengan optimal.

Pentingnya Workshop Standar Pendidikan

Workshop Standar Pendidikan di POLINEMA merupakan platform komunitas akademik yang memungkinkan para pendidik, tenaga kependidikan, dan stakeholder terkait saling bertukar pikiran dan ilmu. Acara ini sangat bermanfaat untuk berkolaborasi dalam merancang dan mengimplementasikan standar pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Melalui workshop ini, POLINEMA berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran guna menciptakan lingkungan akademik yang unggul.

Manfaat Workshop Standar Pendidikan

  1. Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Workshop memberikan wadah bagi para pendidik untuk memperbarui metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang efektif.
  2. Inovasi Kurikulum: Melalui workshop, POLINEMA dapat mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan terkini dalam bidang pendidikan.
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Workshop membantu dalam pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Tantangan dan Peluang Workshop Standar Pendidikan

  1. Tantangan Implementasi: Salah satu tantangan utama adalah mengimplementasikan hasil workshop ke dalam praktik pendidikan sehari-hari.
  2. Peluang Kolaborasi: Workshop menciptakan peluang kolaborasi antara POLINEMA dan institusi pendidikan lainnya untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan.

Keberhasilan Workshop Standar Pendidikan

  1. Peningkatan Kualitas Lulusan: Melalui workshop, POLINEMA dapat memastikan bahwa lulusan mereka siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang terus berkembang.
  2. Reputasi sebagai Pusat Pendidikan Unggul: Dengan mengadakan workshop berkualitas, POLINEMA dapat memperkuat reputasinya sebagai lembaga pendidikan yang progresif dan inovatif.

Workshop yang diselenggarakan oleh POLINEMA ini mengusung tema “Inovasi Kebijakan dan Strategi Direktorat PTV dalam Mendukung Implementasi MBKM”. Selain memberikan panduan mengenai arah kebijakan dan strategi Direktorat PTV yang mendukung implementasi MBKM, workshop ini juga bertujuan untuk transformasi kurikulum POLINEMA agar dapat secara optimal berkolaborasi dengan MBKM serta memperkuat landasan kurikulum POLINEMA yang berbasis MBKM.

Acara ini dihadiri oleh Direktur dan Pudir I POLINEMA, serta diikuti oleh Ketua Program Studi, Ketua Jurusan, dan para dosen POLINEMA. Workshop ini menampilkan dua narasumber utama, yakni Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., dan Tjokorde Walmiki Samadhi, S.T, M.T, Ph.D., dari Institut Teknologi Bandung.

Kesimpulan

Workshop Standar Pendidikan di POLINEMA merupakan tonggak penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadapi tantangan masa depan. Dengan terus menggelar workshop yang informatif dan inspiratif, POLINEMA dapat terus berada di garis depan dalam memajukan standar pendidikan di Indonesia. 

Artikel ini bertujuan untuk memberi penerangan tentang kepentingan bengkel mengenai standard pendidikan di POLINEMA, menonjolkan peranan mereka dalam memupuk inovasi, berkongsi pengetahuan dan meningkatkan kualiti pendidikan.