Sejarah AKN Lumajang

Akademi Komunitas Negeri Lumajang (AKN Lumajang) telah menjadi tonggak penting dalam dunia pendidikan tinggi di Kabupaten Lumajang. Dengan sejarahnya yang kaya akan inovasi dan dedikasi, AKN Lumajang telah membuktikan komitmennya dalam menyediakan akses pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat. Mari kita telusuri perjalanan gemilang AKN Lumajang yang telah membentuk jejaknya dalam dunia pendidikan.

rekam jejak akn lumajang

Rekam Jejak Pendirian AKN Lumajang

Awalny Pemerintah Kabupaten Lumajang demi mewujudkan dapat memiliki Kampus Penguruan Tinggi Negeri membuat anggaran sebesar Rp. 3 Milyar setiap tahun dari APBD. Hal ini harapkan, lahir para teknokrat dibidang teknologi tepat guna terhadap potensi di Lumajang.

Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mewujudkan memiliki Kampus Penguruan Tinggi Negeri menganggarkan Rp. 3 Milyar setiap tahun dari APBD. Hal ini harapkan, lahir para teknokrat dibidang teknologi tepat guna terhadap potensi di Lumajang.

Ketika Menristekdikti memberikan syarat dalam ketersediaan SDM, Lahan dan lainya. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berjanji akan memenuhi untuk mewujudkan berdirinya kampus negeri.

“Apapun syaratnya, jika bisa mewujudkan Kampus Negeri di Lumajang akan saya penuhi,” ujar Cak Thoriq pada wartawan.

Menurutnya, Lumajang memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Apalagi, di sektor pertanian sangat melimpah. “Sehingga perlu ada kampus negeri yang bisa menangani kebutuhan teknologi tepat guna melalui Politeknik,” jelasnya.

Ketika Menristekdikti memberikan syarat dalam ketersediaan SDM, Lahan dan lainya. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berjanji akan memenuhi untuk mewujudkan berdirinya kampus negeri.

Apapun syaratnya, jika bisa mewujudkan Kampus Negeri di Lumajang akan saya penuhi,” pungkas Cak Thoriq pada wartawan.

Menurutnya, Lumajang memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Apalagi, di sektor pertanian sangat melimpah. “Sehingga perlu ada kampus negeri yang bisa menangani kebutuhan teknologi tepat guna melalui Politeknik,” jelasnya.

Cak Thoriq juga berharap para lulusan AKNL mampu memberi jawaban atas kebutuhan masyarakat. Sehingga, AKNL memang dibutuhkan oleh Lumajang.

Perjuangan Memiliki Kampus Negeri di Lumajang

Perjuangan untuk memiliki Kampus Negeri tak lepas dari perjuangan dari ibu Sutatik, mantan kepala sekolah SMKN 1 Lumajang. Dia mendapat apresiasi dari Bupati Lumajang saat meresmikan Gedung Baru Akademi Komunitas Negeri Lumajang (AKNL) di JLT, Jum’at (30/11/2018).

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Polinema dan Dra. Sutatik, M.Pd., atas perhatian terhadap bidang pendidikan Kabupaten Lumajang untuk mengawal AKNL agar bisa mandiri dan masyarakat bisa menikmati pendidikan seperti yang diharapan masyarakat Lumajang,

Program Studi baru yang diharapkan bupati tersebut, adalah yang berkaitan dengan Teknologi Pengolahan hasil pertanian. CakThoriq dalam sambutan-nya juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Lumajang memiliki keinginan memaksimalkan hasil pertanian. Oleh karena itu, Bupati meminta agar AKNL bisa membuka Program Studi baru di bidang teknologi pengolahan hasil pertanian.

Di sisi lain, Pembantu Direktur 4 Polinema, Dr. Luchis Rubianto., menyampaikan, Polinema saat ini hanya bertugas untuk mengantar dan mempersiapkan agar Kabupaten Lumajang memiliki Perguruan Tinggi Negeri.

Ia menyampaikan, agar status AKN Lumajang sama dengan induknya (Polinema) harus bersetatus sebagai Program Studi di Luar Kampus Utama ( PSDKU). Ia berharap nantinya AKN Lumajang benar- benar mandiri dan dapat menjadi Politeknik Negeri Lumajang.

Peresmian dan Awal Perjalanan AKN Lumajang

Pada tahun 2014, Akademi Komunitas Negeri Lumajang resmi dibuka dengan tujuh program studi yang siap menampung mahasiswa baru. Program-program tersebut, seperti Pengolahan Hasil Pertanian, Pariwisata dan Perhotelan, serta Perkayuan, dirancang sesuai dengan karakteristik masyarakat Lumajang. Langkah ini merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk merealisasikan keberadaan perguruan tinggi negeri di daerah tersebut.

Transformasi dan Pengembangan Program Studi

Seiring berjalannya waktu, AKN Lumajang terus mengalami transformasi dan pengembangan program studi. Dari awalnya menawarkan tujuh program studi, AKN Lumajang kemudian fokus pada program-program unggulan seperti Teknologi Informasi, Multimedia Broadcasting, dan Teknik Otomotif. Perubahan ini mencerminkan adaptasi AKN Lumajang terhadap kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.

Peran Penting dalam Pendidikan Vokasi

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kabupaten Lumajang, AKN Lumajang memiliki peran penting dalam menyediakan akses pendidikan vokasi yang berkualitas. Program Studi seperti Teknik Sipil Konsentrasi Geodesi dan Teknik Otomotif Elektronika menjadi landasan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang relevan dengan industri.

Komitmen terhadap Kualitas Pendidikan

AKN Lumajang tidak hanya berfokus pada penyediaan program-program studi yang berkualitas, tetapi juga pada pengembangan sumber daya manusia yang handal. Melalui berbagai kegiatan pelatihan dasar untuk mahasiswa baru, AKN Lumajang bertujuan menciptakan generasi bangsa yang siap bersaing dalam berbagai bidang kehidupan.

Inovasi dan Kolaborasi

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, AKN Lumajang terus melakukan inovasi dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Lumajang serta stakeholder lainnya menjadi modal utama bagi AKN Lumajang dalam mencapai visinya sebagai lembaga pendidikan tinggi unggulan di Indonesia.

Masa Depan yang Cerah

Dengan pemilihan Direktur baru pada tahun 2021, Prof. Joko Triyono, S.T., M.T., AKN Lumajang siap memasuki babak baru dalam perjalanannya. Dengan komitmen yang kuat terhadap kualitas pendidikan vokasi dan dedikasi terhadap pengembangan sumber daya manusia, AKN Lumajang menatap masa depan dengan optimisme untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0313/O/1991, Politeknik Universitas Brawijaya terdiri atas jurusan/program studi sebagai berikut:

  1. Jurusan Teknik Elektro, terdiri atas:
    • Program Studi Teknik Elektronika
    • Program Studi Teknik Listrik
    • Program Studi Teknik Telekomunikasi
  2. Jurusan Teknik Mesin
    • Program Studi Teknik Mesin
  3. Jurusan Teknik Sipil
    • Program Studi Teknik Sipil
  4. Jurusan Teknik Kimia
    • Program Studi Teknik Kimia
  5. Jurusan Akuntansi
    • Program Studi Akuntansi
    • Program Studi Akuntansi Manajemen
    • Program Studi Keuangan
    • Program Studi Magister Sistem Informasi Akuntansi
  6. Jurusan Administrasi Niaga
    • Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran
  7. Jurusan Teknologi Informasi
    • Program Studi Sistem Informasi Bisnis (upgrade dari Manajemen Informatika)
    • Program Studi Teknik Informatika
    • Program Studi Jalur Cepat Pengembangan Piranti Lunak Website

Kesimpulan: Jejak Sukses Akademi Komunitas Negeri Lumajang

Sejarah Akademi Komunitas Negeri Lumajang adalah kisah tentang komitmen, inovasi, dan dedikasi dalam membangun pendidikan vokasi yang berkualitas. Dari awal berdirinya hingga saat ini, AKN Lumajang telah membuktikan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan

Adapun profil Akademi Komunitas Negeri Lumajang bukan hanya tentang sejarahnya, tetapi juga tentang visinya untuk terus menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia.