Jadikan Riset sebagai Hobi Seru!

JAKARTA - Beberapa anak muda malas menjadi peneliti karena merasa bidang tersebut hanya diperuntukkan bagi orang yang jenius. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi Galih Yuli Dwiatmaja. Pasalnya, cowok yang baru lulus dari SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan itu justru punya hobi meneliti.

Sadar menjadi siswa SMK, Galih merasa rugi jika hanya mempelajari jurusan yang dia ambil. Oleh karena itu, sejak kelas satu dia sudah bergabung dalam komunitas karya ilmiah remaja (KIR).

"Penelitian itu hal yang menarik sehingga menjadi hobi, mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. Saya mengamati dan melihat keluhan dari masyarakat dan lingkungan," ujarnya saat berbincang dengan Okezone.

 

Ketika sekolah, Galih mengambil jurusan arsitektur. Sehingga, penelitian menjadi hal yang baru dan berbeda dari bidang yang dia pelajari di SMK. Berkat hobinya tersebut, saat ini dia tengah bersiap mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) ke-11 yang diadakan di Taipei, Taiwan pada 15-25 November 2015.

Sementara terkait karier ke depan, Galih mengaku masih belum memiliki rencana lebih jauh. Meski demikian, dia ingin meneruskan kuliah pada jurusan arsitektur.

"Belum tahu kalau karier ke depan. Tapi maunya arsitek soalnya penelitian itu hobi jadi bisa dilakukan kapan pun. Selain itu kalau meneliti bisa eksperimen sendiri, tapi kalau arsitek masih perlu guru lagi," pungkasnya.

(rfa)

Tags: