Bupati Bagikan Bantuan Untuk Korban Erupsi Gunung Bromo

[lumajangkab.go.id] Bupati Lumajang Drs. As’at M. Ag bersama Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Suprianto, M. Kes memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga desa Argosari yang terdampak erupsi gunung bromo. Sebanyak 12 ton 30 kg bantuan berupa Beras diserahkan oleh Bupati melalui Kepala kantor Sosial kepada 401 Kepala Keluarga warga desa Argosari yang berada di wilayah kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

Penyaluran bantuan pada Kamis 31 Desember 2015 tersebut adalah sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada warga desa Argosari yang mengalami penurunan tingkat pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dikarenakan tingkat pendapatan yang mengalami penurunan. Erupsi gunung bromo yang terjadi sejak beberapa pekan ini, memang telah berdampak pada hasil pertanian yang rusak dan gagal panen karena tertimbun abu vulkanik gunung bromo.

Dalam kunjungannya, As’at mengatakan bahwa erupsi gunung Bromo merupakan fenomena alam yang secara berkala dapat terjadi. Karena itu, ia meminta agar masyarakat yang bermukim di sekitar gunung Bromo itu unutk bersabar dan selau berdoa kepada Tuhan agar terhindar dari bahaya. Bupati lumajang melalui Kepala Kantor Sosial Drs. Abdul Qodir menjelaskan bahwa bantuan beras ini diberikan kepada masing-masing Kepala Keluarga sejumlah 30 kg.

“Pada hari ini, Bapak Bupati berkunjung dan bertemu dengan warga desa Argosari untuk melihatsecara langsung kondisi desa Argosari yang terdampak erupsi gunung Bromo. Dan Bapak Bupati juga memberikan bantuan beras sebanyak 12 ton 30 kg kepada 401 KK warga desa argosari, karena hasil pertanian rusak treutama Kentang, yang dibarengi dengan penurunan pendapatan ekonomi masyarakat’, jelasnya.

Selain paket beras , Bupati juga membagikan sekitar 500 Masker pelindung pernafasan. Menurut As’at, penggunaan masker ini sangatlah penting untuk tetap menjaga kesehatan warga yang terkena guyuran hujan abu kiriman gunung Bromo. “Kita bagikan masker agar tidak ada warga yang mengalami Ispa (infeksi Saluran Pernafasan) akibat guyuran abu vulkanik dari gunung Bromo”, ungkapnya. Sedangkan Camat Senduro Alfian dan Kepala Desa Argosari Ismail mengaku berterimakasih atas perhatian serta bantuan yang diberikan Pemkab Lumajang kepada warganya. (Humas-lmj/ Tya)

Tags: